Sabtu, 01 Desember 2012

Akulturasi Psikologis


Akulturasi merupakan proses sosial yang timbul bila suatu kelompok manusia dengan suatu kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur-unsur dari suatu kebudayaan asing sedemikian rupa sehingga unsur-unsur kebudayan asing itu lambat laun dapat diterima dan diolah ke dalam kebudayaan sendiri tanpa menyebabkan hilangnnya kebudayaan itu sendiri.  Sebagai contoh, masyarakat pendatang berkomunikasi dengan masyarakat setempat dalam acara syukuran, secara tidak langsung masyarakat pendatang berkomunikasi berdasarkan kebudayaan tertentu milik mereka untuk menjalin kerja sama atau mempengaruhi kebudayaan setempat tanpa menghilangkan kebudayaan setempat.

Psikologi adalah disiplin akademis dan terapan yang melibatkan studi ilmiah tentang fungsi mental dan perilaku. Psikologi memiliki tujuan untuk memahami individu dan kelompok karena keduanya menetapkan prinsip-prinsip umum dalam meneliti.

Sehingga Akulturasi Psikologis dapat dikatakan sebagai percampuran antar kebudayaan atau kemampuan yang dimiliki oleh sesorang atau masyarakat.
 















reference :
http://www.pengertiandefinisi.com/2011/05/pengertian-akulturasi.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Psychology

Tidak ada komentar:

Posting Komentar